Minggu, 28 Juni 2015

Pulau Menjangan di pulau Bali

Minggu, 28 Juni 2015
Pesona alam Bali tidak diragukan lagi deretan pantai yang eksotis membuat semua orang lupa daratan. Salah satunya adalah Pulau Menjangan, pantai dan dunia bawah laut sangat alami. Pulau ini terbukti disucikan oleh masyarakat Bali.

Sebelum saya memperkenalkan salah satu wisata alam yang tidak banyak masyarakat Indonesia kita sendiri tahu, saya berharap dan memohon untuk menjaga wisatawan semua mungkin, tidak merusak, tidak mencoba sesuatu (selain foto) dari tempat ini take.

Jujur aku agak enggan untuk memberitahu tempat ini karena kebiasaan merusak terus terang wisatawan Indonesia sengaja atau tidak sengaja. Jadi untuk itu saya mohon Anda lagi, merawat Ibu Bumi kita di nikmatin dapat meninggalkan anak-anak dan cucu-cucu kita. Nama tempat ini adalah Taman Laut Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan pada khususnya.

Saya ingin sedikit cerita tentang salah satu tempat yang dianggap suci oleh umat Hindu di Bali. Menjangan adalah sebuah pulau yang tidak bisa ditempati, tidak diperbolehkan untuk jangkar perahu, dan tidak boleh memancing atau bahkan produk alami di sekitar pulau.

Melalui peraturan ini, sifat tempat ini benar-benar luar biasa! Tak tersentuh oleh tangan yang tidak bertanggung jawab. Bahkan penduduk Bali sadar mempromosikan tempat ini khusus untuk pariwisata, untuk kepentingan menjaga tempat ini jadi tidak banyak orang tahu surga tersembunyi di pulau yang terkenal ini.

Salah satu keistimewaan dari tempat ini, jumlah parit yang sangat dalam yang pada dasarnya menghilang. Namun berkat parit laut, terumbu karang di sekitar palung sangat baik diawetkan karena tidak bisa diinjak-injak oleh wisatawan yang snorkeling atau berenang, oh iya kalau mau coba open trip ke bali bisa hubungi parahita tour yah.

Sementara pulau ini dihuni oleh rusa (sejenis rusa) ilegal, dan pada akhir pulau ada patung Ganesha yang posisinya menghadap ke laut sebagai lautan simbol penjaga. Ini nuansa seni keagamaan membawa tingkat tinggi, serta pengetahuan lokal dari penduduk Indonesia.